0411 512022
Jl. Paccerakkang, No. 3 Daya, Makassar, 90241

Provinsi Maluku

GEOGRAFI

Maluku adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia. Lintasan sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun. Bukti bahwa sejarah Maluku adalah yang tertua di Indonesia adalah catatan tablet tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan Mesir menyebutkan adanya negeri dari timur yang sangat kaya, merupakan tanah surga, dengan hasil alam berupa cengkeh, emas dan mutiara, daerah itu tak lain dan tak bukan adalah tanah Maluku yang memang merupakan sentra penghasil Pala, Fuli, Cengkeh dan Mutiara. Pala dan Fuli dengan mudah didapat dari Banda Kepulauan, Cengkeh dengan mudah ditemui di negeri-negeri di Ambon, Pulau-Pulau Lease (Saparua, Haruku & Nusa laut) dan Nusa Ina serta Mutiara dihasilkan dalam jumlah yang cukup besar di Kota Dobo, Kepulauan Aru.

Ibu kota Maluku adalah Ambon yang bergelar atau memiliki julukan sebagai Ambon Manise, kota Ambon berdiri di bagian selatan dari Pulau Ambon yaitu di jazirah Leitimur.

Jumlah penduduk provinsi ini tahun 2010 dalam hasil sensus berjumlah 1.533.506 jiwa. Maluku terletak di Indonesia Bagian Timur. Berbatasan langsung dengan Maluku Utara dan Papua Barat di sebelah utara, Laut Maluku, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara di sebelah barat, Laut Banda, Timor Leste, dan Nusa Tenggara Timur di sebelah selatan serta Laut Aru dan Papua di sebelah timur.

Kabupaten dan Kota :

No. Nama Kabupaten/Kota Ibu Kota
1. Kabupaten Buru Namlea
2. Kabupaten Buru Selatan Namrole
3. Kabupaten Kepulauan Aru Dobo
4. Kabupaten Maluku Barat Daya Tiakur
5. Kabupaten Maluku Tengah Masohi
6. Kabupaten Maluku Tenggara Langgur
7. Kabupaten Kepulauan Tanimbar Saumlaki
8. Kabupaten Seram Bagian Barat Piru
9. Kabupaten Seram Bagian Timur Bula
10. Kota Ambon Ambon
11. Kota Tual Tual
#

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Maluku