Berita Terbaru

Digitalisasi dan Inovasi Proses Penetapan NIP dan Pensiun PNS Lebih Cepat dan Tepat

Digitalisasi dan Inovasi Proses Penetapan NIP dan Pensiun PNS Lebih Cepat dan Tepat


2021-02-15 21:13:59

Foto Kanreg

Makassar - Humas Kanreg IV BKN, Setelah pada pekan lalu melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian, hari ini, Senin (15/2/2021) Kantor Regional IV (Kanreg IV) Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali melaksanakan Rakornis untuk Bidang Pengangkatan dan Pensiun PNS dengan mengangkat tema Digitalisasi Layanan Penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan Penetapan Pensiun.
Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN, Aris Windiyanto dalam sambutannya secara daring kembali menekankan pentingnya digitalisasi dan inovasi pelayanan mutasi sehingga menghemat waktu serta biaya dan berdampak pada penetapan pensiun pegawai yang cepat dan tepat waktu. "Kami masih menemukan ada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang menunda-nunda penerbitan SK Pensiun, hal ini tentu saja tidak kita inginkan. Dengan proses pelayanan pensiun berbasis digital dan lesspaper diharapkan para pegawai mendapatkan SK pensiun yang cepat dan tepat waktu," kata Aris.
Pada kesempatan tersebut, Aris juga menyampaikan beberapa hal terkait pengangkatan CPNS Tahun Anggaran 2019 dan kontrak kerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I dan menghimbau kepada seluruh PPK instansi yang telah menerima Persetujuan Teknis (Pertek) Penetapan NIP CPNS dan NI PPPK untuk segera menerbitkan SK pengangkatan.
Sementara itu, Kepala Kantor Regional IV (Kakanreg IV) BKN, Harun Arsyad mengatakan hambatan dalam proses pengangkatan dan pensiun PNS seperti sinkronisasi data dan validasi data dapat diminimalisir dengan digitalisasi proses layanan. "Kedepan kami ingin 3 bulan sebelum BUP, para pegawai yg akan pensiun telah menerima SK, ini adalah bentuk penghargaan dari pemerintah kepada pegawai purna bakti. Sehingga, para pegawai merasa tenang dan siap menghadapi hari tua," kata Harun.
Harun juga menyampaikan terima kasih dan meminta dukungan dari BKD/BKPSDM di seluruh wilayah kerja Kanreg IV BKN dalam rangka mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
Rakornis Bidang Pengangkatan dan Pensiun PNS yang diselenggarakan secara daring ini diikuti oleh seluruh BKD/BKPSDM dan pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kanreg IV BKN, baik instansi daerah maupun instansi vertikal dan menghadirkan Kepala Bidang Pengangkatan dan Pensiun PNS, Dr. Akhmad Syauki serta Branch Manager KCU Makassar, Judhi Budi Wirjanto sebagai narasumber. Juga turut hadir Branch Area Bank Mantap Makassar, Robby.