Berita Terbaru

Pendaftaran CASN 2021 Diperpanjang Hingga 26 Juli 2021 Pukul 23:59 WIB, Hindari Akhiri Pendaftaran Mendekati Deadline

Kanreg IV BKN Hadirkan KPK Bahas Pencegahan Gratifikasi


2021-02-11 17:09:28

Foto Kanreg

Makassar - Humas Kanreg IV BKN, Selaku Pejabat Tinggi, Kepala kantor Regional yang merupakan perpanjangan tangan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) memiliki peran penting dalam menciptakan dan mendorong sistem bebas korupsi dan menjadi role model dalam pencegahan gratifikasi. Hal ini disampaikan Deputi Pengawasan dan Pengendalian BKN, Otok Kuswandaru saat membuka kegiatan Sosialisasi terhadap Implementasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengangkat tema Diseminasi Pencegahan Gratifikasi pada Kantor Regional IV BKN Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang diselenggarakan oleh Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian (PDSK) Kantor Regional (Kanreg) IV BKN pada Kamis (11/2/2021).
Melalui video conference, Otok menyampaikan pembangunan Zona Integritas membutuhkan komitmen dan konsistensi dari pimpinan instansi serta dukungan dari seluruh pegawai yang merupakan paket yang tidak dapat dipisahkan. “Kita harus membuat mindset kata menuju dalam kalimat menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani harus dihilangkan. Sehingga menjadi wilayah bebas korupsi dan birokrasi bersih melayani. Semangat ini harus diturunkan dari pimpinan hingga ke seluruh pegawai,” kata Otok.
Selain itu, Otok juga menyampaikan dalam pencegahan gratifikasi dan tindakan melawan hukum lainnya suatu instansi harus membuat sebuah sistem yang akuntabel, sehingga para pegawai memiliki integritas dan moralitas yang baik. “BKN berkolaborasi bersama KemenpanRB sedang menyiapkan aplikasi penegakan disiplin dalam manajemen ASN. Hal ini penting dijaga konsistensinya, harapannya seluruh ASN dalam pembinaan karirnya selain memiliki kualifikasi dan kompetensi, juga memiliki integritas dan moralitas yang baik.” Tutup Otok.
Sementara itu, Kepala Kantor Regional IV BKN, Harun Arsyad mengatakan bahwa indikator penting dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani adalah penguatan pengawasan dan membangun komitmen bersama dari jajaran pimpinan hingga seluruh pegawai untuk mewujudkan Zona integritas tersebut. “Sejak mendeklarasikan pembangunan Zona Integritas, Kanreg IV BKN selalu berbenah dan meningkatkan pelayanan. 6 area zona integritas diantaranya manajemen perubahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik dan area perubahan lainnya menjadi fokus kami untuk mendapatkan predikat wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani,” kata Harun.
Kegiatan DIseminasi Pencegahan Gratifikasi ini diikuti oleh seluruh instansi yang berada di wilayah kerja Kantor Regional IV BKN, yakni sebanyak 76 instansi daerah dan 34 instansi vertikal. Dan menghadirkan narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yaitu Chrisna Adhitama yang membahas materi seputar pemahaman gratifikasi dan skema pelaporan gratifikasi ke KPK.