Berita Terbaru

Pendaftaran CASN 2021 Diperpanjang Hingga 26 Juli 2021 Pukul 23:59 WIB, Hindari Akhiri Pendaftaran Mendekati Deadline

Kepala BKN Imbau Penerapan Prokes Pelaksanaan Seleksi ASN 2021 Disiapkan dengan Matang


2021-06-10 06:57:00

Foto Kanreg

Makassar - Humas BKN, Dalam kunjungan kerjanya ke wilayah kerja Kantor Regional IV BKN Makassar, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengingatkan Panitia Seleksi di masing-masing Instansi Pemerintah mulai mematangkan persiapan penerapan standar protokol kesehatan/prokes dalam pelaksanaan seleksi ASN dengan metode CAT BKN. Dikarenakan kondisi pandemi masih berlangsung, Bima menuturkan pelaksanaan seleksi ASN 2021 menjadi tugas yang tidak mudah, khususnya dalam pelaksanaan di titik lokasi ujian yang tersebar.
Menurutnya pelaksanaan seleksi ASN di tengah situasi pandemi memerlukan perencanaan dan kesiapan yang matang oleh semua pihak penyelenggara yang terlibat, mulai dari Panitia Seleksi Nasional sampai dengan Panitia Seleksi Instansi di pusat dan daerah sehingga tidak menimbulkan dampak cluster penularan baru. BKN juga telah menerbitkan pedoman pelaksanaan seleksi CAT BKN lewat Surat Edaran Kepala BKN Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode CAT Badan Kepegawaian Negara dengan Protokol Kesehatan Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19.
Tidak hanya itu, Bima menyebutkan meskipun pelaksanaan seleksi ASN 2021 masih berlangsung dalam situasi pandemi, standar transparansi dan akuntabilitas seleksi tetap dapat terjaga. Untuk itu BKN telah menerbitkan Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN. "Peraturan ini menjadi pedoman standar pelaksanaan ujian di samping tetap memperhatikan penerapan ketersediaan fasilitas standar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," terangnya dalam Rapat Koordinasi Persiapan Seleksi CPNS dan PPPK 2021 se-Wilayah Kerja Kanreg IV BKN Makassar, Kamis (28/5/2021) di Kota Makassar.
Selain itu Bima juga mengatakan bahwa rekrutmen ASN tahun 2021 terbilang besar karena Pemerintah membuka 1,3 Juta formasi meliputi CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non-Guru. Jumlah tersebut merupakan rekor terbanyak pemerintah dalam rekrutmen pegawai. Bima juga menambahkan pada proses seleksi dengan sistem CAT BKN mengalami penambahan fitur baru yang akan diimplementasikan tahun ini. Salah satunya fitur pengenalan wajah atau face recognition dan presensi peserta dengan barcode. "Saya harapkan koordinasi dan komitmen kita bersama sehingga pelaksanaan seleksi ASN tahun 2021 ini berjalan dengan lancar," imbaunya dalam Rakor yang dihadiri oleh 76 BKD/BKPP/BKPSDM/BKPSDA di wilayah kerja Kanreg IV BKN dan turut dihadiri langsung oleh Kepala Kanreg IV BKN Makassar, Harun Arsyad dan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi ASN, Mohammad Ridwan.
Pada kegiatan ini juga dirangkaian dengan penyerahan BKN Award Tahun 2020 kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) untuk 2 kategori yakni, Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT BKN dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian yang diterima langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, serta penyerahan Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Perpustakaan Nasional yang diwakili Pemprov Sulsel kepada Kantor Regional IV BKN.